Search

Bisakah Kayu Oven Menyusut?

Updated: 5 hours ago


Banyak orang mengira bahwa kayu tidak lagi memuai dan menyusut setelah dikeringkan atau dioven. Tapi tidaklah demikian faktanya.



Kayu adalah material yang diambil dari pohon. Ketika pohon masih hidup, kayu adalah bagian dari pohon yang menyalurkan air dari akar pohon ke bagian mahkota pohon yang terdiri dari cabang-cabang dan daun-daun di mana air beserta seluruh kandungan mineral yang larut di dalamnya dirubah menjadi nutrisi melalui proses fotosintesis.


Sebagai jalur utama air, kayu sarat akan air. Kayu memiliki pori-pori sehingga bisa menahan air di dalamnya seperti sebuah sepon. Setelah pohon ditebang dan kayu diammbil dari batang pohon, kayu masih sarat akan air. Akan tetapi berbeda dengan ketika pohon masih hidup, kayu akan perlahan kehilangan air di dalamnya. Proses kehilangan air secara alamiah ini dinamakan pengeringan alamiah yang bisa memakan waktu enam hingga dua belas bulan untuk mendapatkan kayu yang dapat diolah menjadi produk perkayuan dengan kadar air 12% hingga 14%.


Alternatif dari air dry adalah kiln dry di mana kayu dikeringkan secara mekanis di dalam ruangan oven. Proses ini memakan waktu dua hingga empat minggu dan tentunya jauh lebih singkat dibandingkan dengan pengeringan secara alamiah.


Selama proses pengeringan, volume kayu akan menyusut akibat hilangnya kadar air di dalamnya dan akan mencapai volume stabil bila kadar air sudah mencapai 12% hingga 14% dari volume total. Walaupun volume stabil sudah dicapai, kayu masih dapat kembali memuai ketika kelembaban udara naik seperti ketika di musim hujan dan dapat juga menyusut ketika kelembaban udara turun seperti ketika di musim panas.


Akan tetapi tingkat pemuaian dan penyusutan kayu bila kayu telah dikeringkan ke kadar air 12% hingga 14% tidaklah besar dan tidak akan menyebabkan sambungan di kayu menjadi pecah atau bercelah. Akan tetapi bila kadar air di kayu oven masih tinggi, pemuaian dan penyusutan kayu akan berlebih sehingga akan bermasalah ketika kayu telah dibuat menjadi produk kayu.





26 views0 comments

Recent Posts

See All