Decking Kayu Bengkirai Beserta Kegunaan dan Keuntungannya

Updated: Feb 19


Lantai Decking Kayu Bengkirai


Lantai Kayu Outdoor, atau Decking Kayu, adalah tambahan klasik untuk segala gaya rumah residential. Tidak saja lantai kayu decking akan mempercantik teras rumah, samping kolam renang, atau tampilan utama halaman rumah, tapi juga akan menjadikan area yang sempurna untuk meng-entertain teman dan keluarga.


Faktanya, rumah residential yang mempunyai lantai Kayu Solid, akan menambah nilai jual, apabila di masa depan anda ingin menjual rumah Anda. Lantai Kayu Solid akan menjadi nilai tarik tersendiri dibandingkan dengan lantai kayu vinyl, kayu komposit dan material untuk decking lainnya.


Tekstur alami kayu dapat dipadukan dengan media apapun di sekelilingnya, baik itu dengan corak batu alam, marmer, warna cat, ataupun warna warni tanaman hias.


Namun pemilihan kayu penting untuk diperhatikan. Pemilihan kayu yang salah akan memberikan efek yang signifikan terhadap perawatan, keawetan, dan ketahanan kayu tersebut di jangka panjang.


Jenis Kayu Untuk Lantai Decking


Di PK Naga Jaya, kami menjual jenis kayu keras untuk Decking.


Apakah kayu keras itu ? Kayu keras adalah kategori kayu, dimana pertumbuhannya membutuhkan waktu yang lama. Contoh kayu keras adalah Kayu Bengkirai, dan Kayu Merbau.

Kayu Keras Tropis ini super padat, awet, kuat, tahan terhadap cuaca, dan serangga.

Tapi, tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dengan Kayu Lunak, contoh Meranti, Kamper, Nyatoh.


Namun, decking dengan menggunakan kayu keras dapat tahan bertahun tahun apabila dirawat dengan benar.


Ukuran Decking Kayu Outdoor umumnya adalah (tebal) 2,5cm x (lebar) 8,5cm. Panjang masing-masing papan, disesuaikan dengan ukuran ruangan.


Contoh :

Pemasangan papan decking disejajarkan dengan pintu terdekat.

Pemasangan decking kayu kolam renang disejajarkan dengan panjang kolam renang.


Keuntungan Lantai Decking Kayu Bengkirai Untuk Rumah


1. Meningkatkan harga jual


Halaman belakang yang dibuat dengan lantai kayu solid asli akan meningkatkan nilai estetika bangunan dan meningkatkan nilai investasi jangka panjang.


2. Daya tarik visual tersendiri dengan decking kayu


Pintu teras menuju halaman belakang dengan lantai decking kayu solid asli, baik itu di teras, pekarangan, atau di samping kolam renang, akan menjadi penampilan yang lebih menarik, elegan dan juga naturalis.


3. Memberikan kekuatan dan daya tahan yang bagus


Yang dicari dari lantai kayu decking adalah keawetan dan sesuai dengan fungsinya. Lantai kayu Outdoor dari bahan Kayu Keras seperti Merbau dan Bengkirai akan tahan lama, namun perlu perawatan teratur.


4. Pemasangan yang mudah


Pemasangan decking kayu bisa dipasang di lantai beton, atau lantai dengan material lain yang sudah ada.


Bagaimana Cara Pemasangan Lantai Kayu Outdoor (DECKING)


Cara pasang lantai kayu di outdoor cukup mudah.


Lantai outdoor yang masih baru, cukup ditutup dengan beton saja.

Lantai outdoor apabila sudah menggunakan material lain, seperti keramik, atau batu alam dan ingin mengganti dengan lantai kayu, tidak perlu dibongkar.


Yang penting, harus dipastikan bahwa sudut kelandaian lantai untuk air hujan dapat mengalir dengan baik ke drainase yang ada.


Langkah-Langkah Pemasangan Lantai Decking Kayu Bengkirai Outdoor :


  1. Pasang tatakan Decking Kayu Bengkirai atau Decking Kayu Merbau di atas lantai pekarangan.

  2. Tatakan kayu yang dimaksud adalah kaso Kayu Bengkirai ukuran (tebal) 3cm dan (lebar) 5cm. Sisi lebarnya yaitu 5cm, diletakkan diatas lantai, arahnya berlawanan dengan papan decking yang nanti akan dipasang. Pasang dengan jarak 50 cm antar tatakan kayu satu dengan yang lain.

  3. Apabila ada kemiringan landai di lantai (untuk menghasilkan drainase air yang baik tadi diatas), pasang adjuster di bawah tatakan kayu supaya level decking kayu di atasnya benar benar horizontal.

  4. Rapikan dan tata dimensi papan kayu. Berikan jarak sekitar 5 mm sampai 10 mm antar papan kayu. Tujuannya supaya mempertegas area deck, jadi setiap siku serta lengkungan deck nantinya akan simetris dari satu sudut dengan sudut lainnya.

  5. Matikan papan kayu dengan menggunakan 2 buah baut di setiap pertemuan antara decking kayu dengan tatakan. Gunanya untuk mencegah “cupping” pada decking kayu.

  6. Aplikasikan finishing khusus untuk lantai kayu outdoor / decking kayu


Perawatan Dan Pemeliharaan Lantai Kayu Outdoor


Seperti semua benda lainnya, perawatan perlu dilakukan juga untuk decking kayu solid. Permukaan kayu perlu dibersihkan dengan sapu dan pel yang lembab saja. Hindari pemakaian obat pembersih lantai pada lantai kayu, baik outdoor maupun indoor.


Perhatikan sela-sela bagian pasangan kayu, jangan biarkan ada air yang mengambang atau kotoran. Apabila dibiarkan akan membuat kayu lapuk dan kusam.


Setelah terkena air / hujan, bersihkan lantai yang basah sampai benar benar kering. Hal ini perlu dilakukan agar air tidak merembes masuk dan membuat lapisan lantai menjadi cepat lapuk.


Secara berkala rawat lantai dengan cairan pembersih khusus untuk lantai kayu.


Finishing ulang perlu diaplikasikan lagi kurang lebih 2-3tahun untuk memelihara permukaan kayu agar tetap nyaman dipijak dan tampil indah.



Di PK Naga Jaya, kami menjual produk decking kayu secara custom dari Kayu Solid Bengkirai, maupun Kayu Solid Merbau Oven. Jasa finishing dengan pilihan macam finishing tersedia, jasa instalasi / pasang lantai kayu juga bisa dilakukan oleh team kami sendiri.


Hubungi kami melalui Contact Us form di homepage, atau Whatsapp kami disini untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai keperluan Anda tentang Decking Outdoor.





85 views0 comments

Recent Posts

See All