Perkayuan : PECAH RAMBUT, PATAH ARANG & PECAH UJUNG

Updated: Dec 13, 2021

#kayusolid #kilndriedoven


Istilah pecah pada kayu ada berbagai macam, ada yang pecahnya hanya di permukaan, ada yang pecahnya menyebabkan rusak pada struktur.


Mari kita bahas definisinya masing-masing :


Pecah rambut (Hairline Cracks)


Istilah pecah rambut pada permukaan kayu ini, adalah salah satu jenis cacat pada kayu yang berupa pecah-pecah kecil sejajar dengan urat kayu. Pecah rambutnya merata di hampir sebagian besar permukaan batang kayu.


Pecah rambut ini disebabkan oleh teknik pengovenan yang tidak sesuai dengan jenis kayunya. Suhu panas oven, perputaran kipas, dan jadwal spraying kayu tidak mengakomodasi jenis dan sifat kayu yang sedang dioven.

Sehingga menyebabkan pecah rambut permanen pada permukaan kayu.

Tapi, ini tidak menyebabkan rusak secara struktural, malah bisa memberikan kesan rustic dan ketertarikan tersendiri pada kayu Anda !


pecah rambut hairline cracks permukaan kayu
Contoh Close Up dari Hairline Cracks di Permukaan Kayu

Patah Arang (Cracks or Splits)


Patah Arang pada kayu ini bukan merupakan proses yang alami terjadi. Patah arang terjadi karena terdapat tekanan yang besar pada kayu tersebut, misalnya, pada proses penebangan kayu terlepas tiba-tiba sehingga terjatuh secara kuat.

Patah arang adalah patah yang arahnya melintang dari urat kayu.


Patah arang ini merupakan cacat secara struktural, dan harus diatasi segera.

wood cracks, wood splits, wood defect
Contoh Cracks atau Splits Akibat Tekanan Tinggi

Pecah ujung (End Splits)


Pecah pada ujung kayu bisa berakibat pecah panjang pada permukaan kayu.

Pecah ujung terjadi karena uap air bergerak jauh lebih cepat dalam arah memanjang (lewat ujung kayu) daripada di kedua arah melintang (lewat bagian samping kayu).

Jadi, ujung-ujung papan / balok lebih cepat kering daripada bagian tengahnya dan memberikan tegangan atau tekanan di ujung-ujungnya.


Pecah ujung tidak berakibat pada structural, anda bisa mengaplikasikan resin untuk membuatnya utuh.

wood split end split pecah ujung kayu
Contoh Pecah di Ujung hingga ke Permukaan Kayu

Apakah pecah dan patah ini bisa dihindari ?


Kayu dengan pengeringan alami akan menyusut dengan sendirinya. Ini menyebabkan pecah rambut. Pecah ini tidak bisa dihindari apabila jenis kayu dengan kering alami dipakai di luar ruangan. Perubahan cuaca panas dan lembab akan membuat kayu mengalami muai susut secara terus menerus.


Apakah pecah dan patah ini bisa diminimalisir ?


Bisa, dengan memperhatikan hal-hal berikut :

  • Pemilihan bahan log kayu yg benar-benar layak pakai dan matang.

  • Proses waktu penebangan bahan baku yang benar agar tidak terdapat banyak benturan yang bisa menyebabkan patah arang.

  • Proses peng-anginan alami atau pengeringan alam sebelum oven dry di bawah sinar matahari yang cukup.

  • Proses pengeringan dengan mesin oven (Kiln-Dry Oven) dengan standar waktu yang cukup berdasarkan jenis dan ukuran kayu.

  • Mengoleskan oli pada ujung kayu, atau ujung kayu dipaku dengan paku cacing atau resin urea untuk menghindari kelembaban keluar di ujung kayu dan pecahnya melebar.

  • Mengaklimitasi kayu di suhu ruangan Anda. Sebelum dipasang di dalam ruangan, aklimitasikan kayu di ruangan tersebut dan biasakan produk kayu dengan temperatur ruangan tersebut.

Kayu adalah produk alam dimana tiap-tiap urat dan tingkah laku masing-masing jenis kayu berbeda. Tingkat kekeringan ideal untuk kayu lunak, kayu keras, papan dan balok pun berbeda. Tim kami akan memastikan bahwa kayu solid yang anda beli tidak terdapat patah arang dan kayu solid oven kami telah di oven hingga kekeringan idealnya.


Namun, kami tidak dapat menjamin bahwa kayu tidak akan berubah saat mengering lagi dengan sendirinya dan mengadaptasi lagi dengan suhu di sekelilingnya.


Jangan segan untuk menghubungi kami lebih lanjut apabila anda menginginkan Kayu Solid Oven Berkualitas melalui whatsapp ini, atau Contact Us form di homepage kami.




108 views0 comments

Recent Posts

See All