top of page

Kusen Kayu vs Kusen Aluminium, yang mana untuk saya?


Kusen pintu adalah bagian penting dari pemasangan pintu.


Kusen adalah bingkai yang memegang pintu agar tetap pada tempatnya dengan aman.


Kamu lebih menyukai kusen kayu atau kusen alumunium untuk rumahmu?

Keduanya sangat populer karena masing-masing mempunyai daya tarik visual tersendiri, dan manfaat tersendiri.


Memilih antara kusen aluminium dengan kusen kayu, yang sama-sama berkualitas (baca : tebal dan kokoh) menjadi suatu keputusan yang “lumayan” sulit.


Baca terus untuk mencerahkan pilihan Anda, kami akan membantu memudahkannya dengan menjelaskan perbedaan fitur-fiturnya.


Kusen Kayu vs Kusen Aluminium : Kecantikan

Kusen Kayu memiliki nilai estetika tinggi. Lebih terlihat natural, mempunyai kesan hangat dan alami, lebih anggun dan tidak kaku. Kusen Kayu bisa dibentuk sesuai dengan design bangunan seperti bentuk lurus, menyesuaikan lebar dinding, atau melengkung.


Kusen Kayu cocok diterapkan di berbagai gaya design bangunan seperti klasik, modern, kontemporer dan minimalis.


Kusen Aluminium mempunyai permukaan dan ketebalan yang lebih ramping. Kusen Aluminium memiliki kesan modern sederhana, sehingga tidak semua design rumah cocok menggunakan kusen aluminium.


Kusen Aluminium mempunyai keterbatasan variasi bentuk karena merupakan standard buatan pabrik menyebabkan kurang fleksibel dibandingkan dengan kusen kayu. 


Kusen Kayu vs Kusen Aluminium : Kekuatan Material

Aspek kekuatan disini yang kami bahas adalah kekuatan material tersebut terhadap perubahan temperature cuaca, dan kekuatannya terhadap hama rayap.


Ada jenis kayu tertentu yang kuat terhadap cuaca dan terhadap hama rayap. Jenis kayu tersebut adalah Kayu Merbau, Kayu Jati, dan Kayu Bengkirai. Jenis kayu ini adalah jenis kayu keras, relative lebih aman untuk 2 faktor diatas.


Aluminium adalah bahan logam yang kuat dengan tingkat kepadatan yang rendah. Maka dari itu, meskipun kusen aluminium terlihat ramping, bisa sangat kokoh.


Kusen Aluminium kuat terhadap cuaca, dan karena sifat aluminium yang tahan korosi, kusen aluminium tidak akan karatan. Terlebih lagi, karena aluminium tidak berporos, tidak akan ada rayap.


Kusen Kayu vs Kusen Aluminium : Daya Tahan dan Perawatan

Kusen Kayu yang berkualitas dan terawat akan tahan puluhan tahun. Cek Kusen Kayu anda secara regular dan lakukan perawatan finishing ulang apabila diperlukan sehingga membuat daya tahannya jauh lebih lama.


Apabila terjadi benturan atau kerusakan kecil pada kusen kayu, akan lebih mudah direparasi dengan menggunakan “wood-filler” atau diaplikasikan finishing ulang seperti melamic atau duco.


Apabila ingin mengganti warna keseluruhan dari tema rumah, kusen kayu juga bisa diaplikasikan finishing ulang dengan warna / teknik finishing yang berbeda.


Sedangkan Kusen Aluminium, akan lebih rumit teknisnya apabila ingin mengganti corak warnanya, karena harus mengganti kusen secara keseluruhan. Apabila ada kerusakan minor di finishingnya, powder coating di aluminium tidak bisa direparasi per bagian, karena tidak akan bisa rata aplikasi pengecatannya.


Kusen Aluminium yang berkualitas juga akan tahan lama sampai puluhan tahun tanpa perlu perawatan apapun. Umumnya warna di Kusen Aluminium tidak akan pudar meskipun terkena sinar matahari atau perubahan cuaca.


Kekuatan menahan beban pintu

Karakteristik Kayu yang padat dan kokoh terbukti unggul dalam menahan beban pintu.


Untuk kekuatan kusen, ada korelasi antara ketebalan kusen dengan ketinggian kusen.


Semakin tinggi kusen yang akan dipasang, diperlukan ketebalan kusen yang sepadan.

Ini dapat diakomodasi di kusen kayu, karena bahan kayu untuk pembuatan kusen tersedia dengan tebal yang bervariasi, dan panjang kayu tersedia hingga 500cm.


Sehingga, Kayu akan menjadi bahan pilihan yang flexible untuk membuat pintu dengan mengikuti tema design rumah Anda.


Namun, kekuatan kusen aluminium juga sangat kokoh. Aluminium juga merupakan logam yang kuat dan kokoh yang mampu menahan pintu aluminium, dan panel kaca besar.


Apabila anda ingin membuat pintu sliding atau fitur jendela besar yang memenuhi seluruh dinding, Kusen Aluminium adalah pilihan terbaik anda.

Kekuatannya untuk memberi pegangan kepada kaca sangat kuat. Dan tidak perlu memasang bingkai yang lebar, sehingga akan sangat memaksimalkan aliran cahaya yang masuk ke ruangan Anda.


aluminium sliding door vs wood
Contoh Bingkai Kusen Aluminium untuk Pintu Geser

Kusen Kayu vs Kusen Aluminium : Harga

Jika harga yang menentukan prioritas, maka Kusen Alumunium dapat menjadi pilihannya, karena harga Kusen Alumunium lebih terjangkau dibanding dengan Kusen Kayu.

 

Salah satu faktor yang menyebabkan Kusen Kayu memiliki harga yang lebih tinggi, adalah dalam hal pembuatan dan jumlah bahan yang dibutuhkan per kusen. Perawatan kusen kayu, juga akan menambah biaya keseluruhannya.

 

Namun, apabila anda ingin mendapatkan estetika, alami, klasik dan kehangatan serta kesan yang abadi, pasti akan ada harga yang dibayar, bukan?


Diskusikan kebutuhan kusen kayu anda bersama PK Naga Jaya disini.

 

 


39 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page