top of page

Sungkai, Kayu Mebel yang sedang Naik Daun

agi orang yang tidak asing dengan bahan Kayu, nama Sungkai sudah biasa terdengar.


Sungkai sering sekali dipakai untuk bahan pembuatan mebel. Urat kayu Sungkai sangat menyerupai Kayu Jati dan Kayu White Oak, sehingga tidak jarang kayu Sungkai digunakan untuk penggantinya.


Kayu yang berasal dari hutan di pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa ini mempunyai warna putih kekuningan dengan serat garis / serat kembang warna coklat muda. Warna muda ini gampang untuk diaplikasi warna-warna finishing, sehingga bisa menghasilkan produk lebih bervariasi.


Yuk kita pelajari kenapa kayu Sungkai ini pilihan yang ideal untuk membuat mebel kayu Anda..


Tampilan Estetik Permukaan Kayu Sungkai


Kayu Sungkai mempunyai variasi warna putih kekuningan hingga coklat muda. Warnanya yang muda ini membuat gampang untuk diaplikasikan finishing warna terang atau gelap. Motifnya kadang juga disertai guratan dengan warna yang lebih gelap, menghasilkan urat kayu yang cantik dan menarik perhatian.


Serat kayu yang banyak dijumpai adalah motif kembang karena log kayu Sungkai tidaklah besar. Tapi, tidak jarang kayu Sungkai memiliki motif lurus / pita.


Setelah diserut, permukaan Sungkai akan terasa halus dan rata, yang memberikan hasil akhir yang halus dan meningkatkan daya tarik estetika furniture secara keseluruhan.


Sungkai ini mudah diproses dengan menggunakan mesin kayu standar, dan mudah direkatkan satu dengan yang lain menjadi bidang kayu yang lebih lebar.


Sehingga, dapat dijadikan berbagai macam produk kayu dengan dimensi kecil maupun besar.


Motif Kayu Sungkai serat lurus dan kembang
Contoh Motif Kayu Sungkai
Sungkai serat lurus dan kembang ada mata
Contoh Motif Kayu Sungkai

Produk Mebel apa saja yang bisa dihasilkan dari Kayu Sungkai ?


Banyak produk mebel yang bisa diproduksi menggunakan Sungkai, seperti :

- Kursi

- Kaki dan Top Meja

- Dipan

- Lemari dan Kabinet


Selain untuk mebel, Sungkai banyak digunakan untuk produk interior, seperti :

- Pegangan / Railing Tangga

- Lis Profil

- Mainan Kayu

- Panel Dinding / Wallpanel


meja kursi dari kayu sungkai
Contoh Mebel yang bisa diproduksi dengan Kayu Sungkai
produk kayu dari sungkai
Contoh Kegunaan Lain Kayu Sungkai

Harga, Pemeliharaan dan Perawatan


Kayu Sungkai tergolong cukup ekonomis untuk karakteristik dan kualitas kayunya. Dengan serat kayu yang mirip Jati dan White Oak, Sungkai sering dipilih untuk opsi lebih ekonomisnya.


Pemeliharaan dan perawatan juga gampang. Membersihkan dengan air dan kain lembut cukup untuk mempertahankan keindahannya. Hindari bahan kimia keras dan lap kasar agar tidak menimbulkan goresan halus.


Hindari meletakkan furniture berbahan Kayu Sungkai dari paparan matahari langsung, dan di tempat yang terlalu lembab, agar tidak terjadi retak pada kayu atau pemuaian pada kayu sungkai yang berlebihan.


Daya tahan kayu Sungkai juga termasuk sedang – tinggi, sehingga daya tampung beban tinggi yang diperlukan produk-produk seperti kursi, meja, dan dipan dapat diberikan oleh Kayu Sungkai.


Jadi, Apakah Sungkai adalah Kayu Mebel yang sedang Naik Daun? YA

Kayu Sungkai telah muncul sebagai pilihan popular di dunia pembuatan mebel, berkat daya tahan, estetika motif serat kayu, kegunaan dan harga yang terjangkau.

Selain itu, juga memberikan sentuhan elegan dan kecantikan kayu pada hunian rumah.


Anda siap untuk mendiskusikan keperluan Sungkai anda dengan kami? Whatsapp nomor ini atau isi contact us form di homepage.









418 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page