All about Trap Tangga dari Kayu Solid: Istilah dan Bahan


Bagi Anda pecinta kayu dan pemilik rumah yang menginginkan kesan natural yang elegant, area tangga bisa menjadi titik fokal rumah anda.


Tangga yang terbuat dari kayu solid tidak hanya memberikan kesan nyaman dan klasik, juga tahan lama dan awet.


Apabila anda ingin merenovasi tangga anda, atau ingin memasang baru area tangga anda, ada baiknya mengetahui istilah umum dari komponen tangga.


Daftar yang kami presentasikan di artikel ini belum mencakup semua istilah komponen dari tangga, namun cukup untuk menyampaikan keinginan Anda kepada produsen tangga sehingga memudahkan konsultasi anda akan harga dan bahan.


ISTILAH UMUM KOMPONEN TANGGA

what makes a stair?
Istilah / Terminologi Tangga

1. Pijakan / Trap Tangga

Istilah Trap Tangga sangat umum. Ini adalah bagian yang kita pijak saat kita naik dan turun.

Kayu Merbau dan Kayu Kamper sangat cocok untuk bagian ini karena kuat dan awet.


2. Riser

Riser adalah bagian vertikal antara trap tangga atau jarak ketinggian antara trap tangga.

what makes a stair
Istilah / Terminologi Tangga - 2

3. Tiang Induk / Newel Post

Tiang yang berada di awal dan akhir tangga, di persimpangan, dan di belokan tangga. Tiang Induk berfungsi sebagai tiang penyangga yang membantu menahan beban lateral tangga.


Pembuatan tiang induk bisa menggunakan teknik bubut / pahat dan bisa menggunakan bermacam-macam design sehingga membuat tangga terlihat lebih elegan.


4. Pion Tangga / Baluster

Baluster atau lebih dikenal dengan pion tangga ini berbeda dengan Tiang Induk. Berfungsi sebagai tiang-tiang penopang handrail di sepanjang tangga. Jumlah pion tangga lebih banyak dibandingkan dengan tiang induk karena peletakannya yang berjejer dan menopang handrail sehingga membuat sistem pengamanan tangga lebih kuat.


Sama halnya dengan tiang induk, baluster dibentuk dengan sistem bubut tapi tidak dengan pahat. Dan desain baluster sedikit banyak disesuaikan dengan desain tiang induk. Baluster juga memiliki beragam desain yang menarik untuk membuat tangga terlihat elegan.

newel posts designs
Contoh-contoh Tiang Induk / Newel Post. Source : Etsy
wooden ballusters , pion tangga kayu
Bermacam ukiran untuk Baluster / Pion Tangga

5. Hand Railling

Hand Railling atau railling tangga adalah bagian yang kita pegang ketika kita naik/turun tangga. Bagian inilah yang membantu menyeimbangkan tubuh kita ketika kita naik/turun agar supaya kita tidak jatuh keluar dari tangga.


Desain handrail juga memiliki kontribusi untuk menonjolkan keindahan tangga dan dapat menyesuaikan desain klasik atau minimalis tergantung tema rumah.


Info Lebih Lanjut, baca “Jasa Pembuatan Railing Tangga Kayu”

Atau kembali ke Products : Handrails kami


6. Bordes / Landing Platform

Bordes adalah area lantai di tangga yang paling lebar. Peletakannya bisa di dekat pijakan tangga atas atau bawah atau di tengah tangga. Biasanya merupakan pembagi antara pojokan atau belokan dan berfungsi juga untuk istirahat.


Bordes biasanya diberi motif yang menarik agar menjadi aksen variasi dari banyaknya trap tangga.

contoh penempatan bordes di tangga

7. Plint Tangga

Sebagai pemanis samping tangga yang diletakkan di samping dinding. Seperti halnya plint lantai, fungsi utama plint di tangga ini untuk melindungi dinding samping dari noda pel atau kotoran.


8. Stringer / Penyambung Tangga

Stringer berfungsi sebagai “rumah” sebuah tangga. Yang memberi topangan pada tangga, dan merupakan struktur tangga yang membentang di sepanjang sisi tangga, bisa juga diletakkan di tengah tangga bahkan bisa ditanam di dalam dinding untuk menopang pijakan tangga yang “melayang”


Stringer adalah tempat untuk memasang pijakan tangga (dan riser).

placement of stringer on stairs

Daftar untuk istilah komponen tangga tidak terbatas pada 8 bagian saja.

Namun istilah diatas mencakup bagian umum untuk membantu Anda untuk mengidentifikasi secara spesifik bagian mana yang ingin dibahas.


BAHAN IDEAL UNTUK KOMPONEN TANGGA

Setelah kita mengetahui detail bagian dari tangga, sekarang kita akan mengusulkan jenis kayu solid apa yang ideal untuk masing-masing komponen.


1. Meranti

Kayu meranti bisa dipakai opsi jenis kayu yang lebih ekonomis. Namun, Kayu Meranti kurang kuat, sehingga tidak cocok untuk dipakai sebagai pijakan tangga.


Umumnya, kayu Meranti bisa dipakai sebagai Handrail, Baluster, Tiang Induk, Plint Samping, bahkan bisa juga untuk Stringer (dekorasi saja)


2. Kamper Samarinda

Kayu Kamper Samarinda lebih kuat dibandingkan Kayu Meranti. Sehingga bisa digunakan untuk lebih banyak komponen juga.


Perlu diingat bahwa Kayu Kamper Samarinda hanya untuk digunakan di tangga dalam ruangan saja, karena jenis kayu tersebut bukan untuk pemakaian outdoor.


3. Merbau

Kayu Merbau adalah pilihan terbaik untuk tangga, baik untuk tangga di dalam rumah, maupun untuk tangga di bagian luar rumah.


Kayu Merbau kuat dan stabil, warnanya lebih eksotis berkesan kekar.


BISA PRODUKSI CUSTOM ?

Bagian inti dari bahasan ini adalah apakah PK Naga Jaya bisa memproduksi custom design ?

BISA.


Semua bagian dari tangga, misal :

- Panjang dan Lebar trap tangga, karena sebuah tangga adalah unik untuk tiap-tiap hunian, disesuaikan dengan luas ruangan dan design.

- Baluster atau pion tangga dari kayu. Apabila dari kayu, kami bisa membubut sehingga hasil sesuai dengan yang diinginkan.

- Profil pinggiran trap tangga, umumnya agar pinggiran trap tangga tidak tajam, bisa menyesuaikan design setengah lingkaran, atau pinggiran biasa, atau bisa dibuat groove.

- Hand rail, menyesuaikan dengan bentuk ergonomis dan kemewahan sebuah tangga, lihat Products : Handrails

- Bordes, tergantung dengan jenis kayu apa yang dipilih, dan bagaimana serat kayu ingin ditonjolkan.

- Plint Tangga, menyesuaikan dengan tema tangga Anda, minimalis atau klasik atau modern, lihat Products : Skirting / Plint Lantai


Dan lainnya.

Anda sedang merenovasi atau membangun tangga untuk hunian Anda ? Ijinkan kami membantu untuk mensupply bagian dari tangga anda dengan mengisi Contact Us form, atau Whatsapp kami.





305 views0 comments

Recent Posts

See All